MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIFE JIGSAW DI KELAS IV SDN 01 RANTAU SELATAN.

Authors

  • HOTMA YANTI STITA
  • Yuli Yani
  • Bukhari Is

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, dan hasil belajar

Abstract

HOTMA YANTI DAULAY,NIM :19.86232.0054, Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tife jigsaw di Kelas IV sdn 01 Rantau Selatan.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawdapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Pelajaran 2022/2023? Penelitian bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data ovservasi. Hasil penelitian diperoleh pada hasil belajar siswa persentase hasil belajar siswa secara klasikal siklus I adalah 39%. kemudian pada siklus II persentase hasil Belajar Siswa secara klasikal adalah 89%.

Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak diperlukan. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw telah terbukti dapat meningkatkan hasil  belajar pada pelajaran ipa siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan.

References

Alamsyah,Said, 2015,95Starategi Mengajar Multipleintelegences,Jakarta:Pranamedia Grup

Arikunto Suharsimi 2013, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Edisi Revisi.

Ainun, Nur Lubis, 2016,Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,Jakarta.

AgamaKementerian,Al-Quran dan Terjemahannya, Surah Al-Mujadalah, 58: ayat11.

E Mulyasa, 2015, Menjadi Kepala Sekolah Yang Professional, Bandung

Fitrah, 2017, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Cv Jejak, Jawa Barat.

Hidayatul Umah Dian,2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar fikih siswa kelas IV MI Negri 1 Padang Sidempuan tahun 2014” skripsi sarjanah PGMI IAIN Padang sidempuan.

Hasbullah, 2017, Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan,PT Raja GrafindoPersada,Depok

Iskandar,Bukhari, 2021, Metode &Model Pembelajaran,CV.Manhaji Medan

Iskandar,Bukhari,2017, Panduan Penulisan Karya Ilmiah Dan Skripsi, Perpustakaan STITA, Rantauprapat,

Jihad,dkk,2013 Evaluasi Pembelajaran ,Multi pressindo, Yogyakarta.

Kholifah Nur,2015 “Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas III MIN Kunir Wonodadi Blitar, skripsi IAIN Tulungagung

Lantarida,2017,Jurnal Pengaruh Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jugsaw pada mata pelajaran kimia,jurnal latarida,

PurnamaIwan,2013,Model Pembelajaran Hypermedia Listirik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SLTP,skripsi.

Rusman,2014,Model -Model Pembelajaran,PT,Rajagrafindo,Jakarta.

Sanjaya Wina 2016, Penelitian Tindakan Kelas, Prenada Media, Jakarta

Sinar, 2018, Metode Active Learning, CV Budi Utama, Yogyakarta

Supriyatin Diana,2018, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Jigsaw dan Ekpositori Pada Konsep Elektrolit dan nonelektrolit terintegrasi Nilai”, skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sumantri Moh. Syarifi,2015, Strategi Pembelajaran,PT.Rajagrafindo, Kota Depok.

Sukardiyono Totok, 2015, Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, Dan Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta.

Trianto, 2015,Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Prestasi. Pustaka, Jakarta

Yamin Martinis,2013, Strategi& Metode Dalam Model pembelajaran. Jakarta: Gp Press Group.

Wulandari and Gatot Jariono, 2022, Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi, Jurnal Porkes.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

HOTMA YANTI, Yuli Yani, & Bukhari Is. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIFE JIGSAW DI KELAS IV SDN 01 RANTAU SELATAN. Qalam Lil Mubtadiin, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/183