PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS AL-WASHLIYAH PADANGMATINGGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ahmad Sholeh Rambe STITA
  • Soybatul Aslamiah Ritonga
  • Eriani

Keywords:

Media, Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media pembelajaran Audio Visualterhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Padang Matinggi Tahun Ajaran 2021/2022 Jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif (Quasi Experiment) dengan sampel penelitian dengan tehnik total sampling, Kelas IV A sebagai kelas kontrol peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, diskusi) kegiatan pembelajaran berpuasat pada guru dan kelas V B sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual.

            Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal  dan dilaksanakan oleh siswa MIS Mambaul’Ulum Aek Nabara sebanyak 23 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 20 soal, jadi peneliti mengambil 20 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data Post Testpenggunaan Media Pembelajaran Audio Visual diperoleh thitung >ttabel (3,458>2,019). Sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada materi beriman kepada malaikat di kelas IV MIS Al-Washliyah Padang Matinggi tahun pelajaran 2021/2022.

References

Diponegoro, 2018, Al-Qur’an Terjemah Al-Hikmah, Cv Penerbit Diponegoro, Bandung.

Joni Purwono, Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama N. 1 Pacitan, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.2, No. 2, Edisi April 2014.

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia, Bandung.

Is Bukhari dan Suryatik, 2021, Metode dan Model Pembelajaran, CV. Manhaji,Medan.

Is Bukhari, 2017, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan AgamaIslam di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu SumateraUtara, Tarbiyah bil Qolam, Jurnal Pendidikan Agama dan sains, Vol.1, Edisi 2.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Alfabet, Bandung.

Wahab Abdul, 2021, Media Pembelajaran Matematika, Yayasan PenerbitMuhammad Zaini Redaksi, Aceh.

Zahro Aftalin dan CahayoHasanuddin, 2022, Strategi Membuat MediaPembelajaran Inovatif Pada Era Society 5.0, Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Aggota IKAPI Jawa Barat, Cipedas Tasikmalaya.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Ahmad Sholeh Rambe, Soybatul Aslamiah Ritonga, & Eriani. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS AL-WASHLIYAH PADANGMATINGGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Qalam Lil Mubtadiin, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/181