PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 01 RANTAU SELATAN

Authors

  • Lanna Sari Mahasiswa (PGMI)
  • Bukhari Is
  • Suryatik

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v2i1.173

Keywords:

Media, Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Lanna Sari Ritonga, 2023, Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN 01 Rantau Selatan. Skripsi. Rantauprapat : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif (Quasi Experiment) dengan sampel penelitian dengan teknik total sampling, Kelas IV A sebagai kelas kontrol peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, tanya jawab, diskusi) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas V B sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan dilaksanakan oleh siswa SDN 01 Rantau Selatan sebanyak 23 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 20 soal, jadi peneliti mengambil 20 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data Post Test penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping diperoleh thitung >ttabel (3,458>2,019). Sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping pada materi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya di kelas IV SDN 01 Rantau Selatan tahun pelajaran 2022/2023.

References

Ananda, Rizki, 2019, Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol 1, edisi 1, Kampar Riau.

Anshori, Sodiq, 2014, Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter’, Jurnal Edueksos, Vol III.Edisi 2,

Ardat, indra jaya, 2013, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan bandung: citapustaka media pritis.

Asyafah, Abas, 2019, Menimbang Model Pembelajaran Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam’, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, Vol 6.Edisi1, hlm. 22.

departemen pendidikan nasional, 2013, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Faizah, Silviana Nur, 2020, Hakikat Belajar Dan Pembelajaran’, At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol 1. edisi 2.

Hanafy, Muh. Sain, 2014, Konsep Belajar Dan Pembelajaran’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, vol 17. edisi 1.

Ma’rifah, Siti Setiawati, 2018, ‘Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?’, Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, vol 35, edisi 1.

Rahayu, Arum Putri, 2021 ‘Penggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran’, Jurnal Paradigma, Vol 11.Edisi 1.

sardjiyo, dkk, 2014, Pendidikan IPS Di SD, universitas terbuka, Banten. Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta,

Bandung.

Tukyaur, Ema, Arience Lesnussa, and Ode Abdulracman, 2021, ‘Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 3 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru’, Jurnal : Kamboti of Journal Education Research and Development, Vol II.Edisi 1.

Wijanarko, Yudi, 2017, Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan’, Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol 1.Edisi 1 .

Yanto, Ari, 2015 ‘Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips’, Jurnal Cakrawala Pendas, vol I, edisi 1.

Yonani, Meli, Widya Amrina, and M Fadli, ‘Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ( Mind Mapping Peta Konsep ) Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smpn 2 Kota Jambi’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, VolL 2.Edisi 2 (2021), 674

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Lanna Sari, Bukhari Is, & Suryatik. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 01 RANTAU SELATAN. Qalam Lil Mubtadiin, 2(1). https://doi.org/10.58822/qlm.v2i1.173