PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT IMAM SYAFI’I PULO BARGOT

Authors

  • Della Khairani Mahasiswa (PGMI)
  • Suryatik
  • Eriani

Keywords:

Bimbingan orang tua, Motivasi belajar

Abstract

Pengaruh Bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syaf’i Pulo Bargot. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi’i Pulo Bargot dan berapa besar pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi’i Pulo bargot. Penelitian ini bertujuan untuk mecari data atau membuktikan signifikansi pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Sdit imam syafi''i Pulo Bargot.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. penelitian ini dilakukan di Sdit imam syafi''i Pulo Bargot dengan sampel sebanyak 45 siswa.Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian berupa angket bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan skala yang digunakan ialah skala likert. Peneliti mendapatkan hasil rata-rata dari bimbingan orang tua sebesar 31,11 dan hasil rata-rata dari motivasi belajar sebesar 29,02. Kemudian peneliti melakukan uji hipotesis dengan data yang diperoleh peneliti yaitu data dengan nilai yang peneliti dapatkan dari uji hipotesis ialah nilai thitung > ttabel = 2,442 > 1,682 dan nilai signifikans= 0,017 < 0,05. Sehingga ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Imam Syafi’i Pulo Bargot

References

Octavia, S. (2020).Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja,DEEPUBLISH,Yogyakarta.

Abdillah, P & Prasetya D, (2003),Kamus Lengkap BahasaIndonesia, Arloka, Surabaya.

Aisyatinnaba N, (2005)Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes), Skripsi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Suharsimi, (2019), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bumi Aksara,Jakarta.

Darmadi, (2017), Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Deepublish,Yogyakarta.

Elis, Y dan Lathifah K, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 06 Bogor, UNES

Emda, A, (2017), Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol. 5, No.2.

Hamalik, O, (2013), Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara,Jakarta.

Husamah, (2016), Belajar dan Pembelajaran,UMMPress,Malang

Hastomo, A, (2016), Bimbingan Orang tua dalam Mengingatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Khusnul W dan Muri’ah S, (2020), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja,Literasi Nusantara,Batu.

Latif Abdul, Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas Vii Mts Darul A’mal Metro T.P 2019/2020), Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (Pai): Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro, 2019.

Lukman Daris dan Yusuf Muhammad,2018, Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam bidang Perikanan,IPBPress,Bogor.

Lestari S, (2013), Psikologi Keluarga,Kencana Prenda Media Group,Jakarta.

Mudjiono & Dimyati, (2015), Belajar dan Pembelajaran,Rineka Cipta,Jakarta.

Puspita S, (2020), Monografi; Fenomena Kecanduan pada Anak Usia Dini,Cipta Media Nusantara,Surabaya.

Purwanto N M, (2009), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Qomaruddin, (2017),Pendampingan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Vol 3, No 1.

Rezeki A S, dkk, (2018),Pengaruh latar Belakang Pendidikan dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Luas Sekolah, Vol. 12, No. 1.

Riadi E,(2016), Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS), Andi,Yogyakarta.

Sumarsono P, dkk, (2020), Belajar dan Pembelajaran Di Era Milenial, UMMPress,Malang.

Sardiman, (2014), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,Raja Grafindo Persada,Jakarta.

Sugiyono, (2018), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta,Bandung.

Sugiyono, (2015), Statistika Untuk Penelitian,Alfabeta,Bandung.

Sholihah Q, (2020), Pengantar Metodologi Penelitian,UB Press,Malang.

Sugiyono, (2018), Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Alfabeta,Bandung.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Della Khairani, Suryatik, & Eriani. (2024). PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT IMAM SYAFI’I PULO BARGOT. Qalam Lil Mubtadiin, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLM/article/view/171