UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SDN 25 BILAH HILIR T.A 2020-2021

Authors

  • Nur Kumala Sari Mahasiswi PGMI
  • Ali Sadikin Ritonga STIT Al-Bukhary
  • leli Hasanah STIT Al-Bukhary

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v1i2.154

Keywords:

Kata Kunci: MetodeCard Sort, Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 25 Bilah Hilir pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas III SDN 25 Bilah Hilir dengan jumlah siswa sebanyak  19 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil  belajar dan penerapan model pembelajaran card sort. Adapun tempat penelitian Tindakan kelas ini adalah kelas III SDN 25 Bilah Hilir.

        Adapun mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian  Tindakan kelas  ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti Menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian Tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan model pembelajaran card sort pada matapelajaran Pendidikan agama Islam, ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II pada sebelumnya Tindakan hasil belajar siswa mencapai 70,52% pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan 83,15% keadaan ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan model pembelajaran card sort dapat dikatakan berhasil,dengan ketuntasan mencapai 83,15%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Sani, Ridwan. 2019. PembelajaranBerbasis HOTS Higher Order Tiking Skills. Tangerang: Tsmart Printing.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.

Iif Khoiru Ahmadi dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Beroreintasi KTSP. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

I Ketut Sanjaya dkk.Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Mimbar. Volume 6. Nomor 3. Tahun 2016.

Imran, Muhammad. Penerapan Model Card Sort dan Make A Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Diskursus Islam. Volume 04. Nomor 3. Desember 2016

Istirani & Intan Pulungan. 2019. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: MEDIA PERSADA.

Ruwaidah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Program Kejar (Kelompok Belajar)Paket C Dilapas Rantauprapat.Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama dan Sains volume. IV Edisi 1 Januari-Juni 2020.

Sanjaya, Wina.2017. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wawancara Penulis pada Dewan Guru SDN 25 Bilah Hilir 25 Juni 2020 di Sekolah.

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

Sari, N. K., Ali Sadikin Ritonga, & leli Hasanah. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SDN 25 BILAH HILIR T.A 2020-2021. Qalam Lil Mubtadiin, 1(2). https://doi.org/10.58822/qlm.v1i2.154