USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI HAJI WADA’ DENGAN MEDIA VISUAL PADA KELAS III MDTA NURUL UMMI KECAMATAN BILAH HULU

Authors

  • SAHRUDDIN Mahasiswi PGMI
  • Bukhari Is
  • Ismi Yulizar

DOI:

https://doi.org/10.58822/qlm.v1i2.138

Keywords:

Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Syahrudin Ritonga, 17.86232.0018, 2021 “Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Haji Wada’ Dengan Media Visual Pada Kelas III MDTA Nurul Ummi Kecamatan Bilah Hulu”. Skripsi ini membahas tentang penerapan media visual untuk meningkatkanhasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MDTA Nurul Ummi Dusun Purwosari Desa Bandar Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) menggunakan 2 siklus dan setiap siklus menggunakan tahapan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi, dalam proses pengumpulan data digunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan media visual. Metode observasi digunakan untuk mengukur aktivitas guru dan peserta didik setiap siklus. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat dan gambaran di MDTA Nurul Ummi Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung. Terilihat hasil penelitian diMadrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Nurul Ummi Dusun Purwosari Desa Bandar Tinggi Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu pada kelas III, terlihat sangat jelas hasil belajar peserta didik meningkat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II, hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai 30% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88%. Hal ini terbukti berdasarkan skor hasil belajar peserta didik diakhir siklus I diperoleh rata-rata 51 dengan kategori mendekati tuntas dan skor hasil belajar peserta didik meningkat pada siklus II di peroleh rata-rata 88 % dengan kategori tuntas. Berdasarkan analisis observasi dan skor tes belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II di MDTA Nurul Ummi Dusun Purwosari mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MDTA Nurul Ummi Dusun Purwosari

Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

References

Al-Quranul karim dan terjemahannya, Kementerian Agama Repubil Ikdonesia.

Al-Hamat Anung, 2016, Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari, Penerbiut Ummul Qura, Jakarta.

Is Bukhari, 2018, Manajemen Konseling Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah bil Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Vol.II Edisi 1 Tahun 2018, ISSN 2599-2945, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu, Rantauprapat.

Nurhasanah Siti, A. Sobandi. 2016, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 No. 1, Agustus,

Rosyid Moh Zaipul, Mustajab, Aminol Rosid Abdullah. 2019, Prestasi Belajar, CV. Literasi Nusantara, Januari, Malang.

Parnawi Afi, 2019, Psikologi Belajar, CV Budi Utama,

April, Yogyakarta

Sutiah, Hj, 2019, Budaya Belajar & Inovasi Pembelajaran PAI, Nizamia Learning Center, November, Sidoarjo.

Suardi Moh, Maret 2018, Belajar dan Pembelajaran,

CV Budi Utama, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

SAHRUDDIN, Bukhari Is, & Ismi Yulizar. (2023). USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI HAJI WADA’ DENGAN MEDIA VISUAL PADA KELAS III MDTA NURUL UMMI KECAMATAN BILAH HULU. Qalam Lil Mubtadiin, 1(2). https://doi.org/10.58822/qlm.v1i2.138