PENGARUH MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA BANIL AUTHON

Authors

  • Paramita Ritonga Mahasiswa (PIAUD)
  • Suryatik
  • Ismi Yulizar STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Keywords:

Keyword - Media Boneka Jari, Kemampuan Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media boneka jari terhadap keampuan berbicara anak usia dini kelompok B di RA BAnil Authon tahun pelajaran 2023/2024 Rantauprapat. Populasi penelitian inia dalah seluruh siswa kelas B RA Banil Authon yang berjumlah 40 orang siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Sampel penelitian in iberjumlah 40 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 anak, dan kelas control dengan jumlah siswa 20 anak.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan lemba robservasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka jari dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berbicara anak usia dini, yaitu meliputi strategi peniruan bunyi, strategi peniruan kata, dan strategi pengenalan kalimat.

Pengaruh juga dapat di buktikan berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t pada tarafsignifikan α = 0,05 dengan dk = (N1+N2)-2 = 38 terdapat pada tabel t  = 2,996 karena nilai thitung> t yaitu 2,996> 2, 025, maka H ditolak dan H diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh  Media Boneka Jari terhadap kemampuan berbicara anak usia dini Kelompok B di RA BAnil Authon Tahun Pelajaran 2023/2024, sangat efektif digunakan dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak.

References

Al-Quran Ar-Rasyid, 2021, Mushaf Terjemah Tanpa Takwil, Maktabah, Al-Fatih, jakarta, ayat 11

Ananda Rusydy DanFadhil Muhammad, 2018, Statistic Pendidikan Teori Dan Praktik, Medan: Widya Puspita

AprinawatiIis, 2017, Penggunaan Media Gambar Seri ntuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia dini, Jurnal Pendidikan anak Usia

Dini,Vol.1, no.1

Ardiyansyah Muhammad, 2022, Perkembangan Bahasa Dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara ( Speech Delay) Pada Anak Usia Dini, Indonesia: guepedia

ArsyadAzhar, 2014, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Arsyad, 2013, Media pembelajaran, PT Raja Grafindo persada, Jakarta.

AryantiZuys, 2015, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Aslindah Andi, M.Pd, 2018, Alat Permainan Edukatif Media Stimulus Anak Jadi Aktif dan Kreatif, cv Kaaffah Learning Center: Sulawesi selatan

Aslinda Andi, M.Pd, 2018, Alat Permainan Edukatif Media Stimulus Anak Jadi Aktif Dan Kreatif, CV. Kaaffah Learning Center: Sulawesi Selatan

Asmawati Luluk, 2014, Perencanaan Pembelajaran PAUD, PT Remaja Rosdakaya, Bandung

DacholfanyM. Ihsan, 2016, Peranan Pengambilan Keputusan Dalam Rangka Menciptakan Inovasi di Bidang Pendidikan, Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 01 Januari-Juni

Dr. Ineu HerawatiNenden, M.Pd, Dkk,2022, Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini, Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher

Dr. M. Ihsan Dacholfany M,Ed, dan Uswatun Hasanah, M.Pd,I , 2018, Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam, Jakarta: Amzah

Drs. Susanto Ahmad, M.Pd, Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dlam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenamedia group

Fadhilah M., 2019, Buku Ajar Bermain dan permianan, Kencana, Jakarta

Gunanti, winda, dkk, 2010, Metode Pengembangan Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka

Hasnidah, 2015, Media Pembelajaran Kreatif, Luxima Metro Media, Jakarta

Helmawati, 2014, Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Helmawati, 2015, Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: RemajaRosdakarya

Kementerian Pendidikan Nasional Republika Indonesia, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia pusat Bahasa disi Ke IV, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kementerian Republik a Indonesia, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Empat, Balai Pustaka: Jakarta

Khodijah, 2015, Media Pembelajaran Anak Usia Dini,Perdana Publishing, medan

Khodijah, 2016, Pengembangan Kognitif anak Usia Dini, (Medan: Perdana Publishing

Kurnia Rita, 2019, Bahasa Anak Usia Dini, Deepublish: Yogyakarta

Madyati Lilis, 2017, Startegi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Kencana: Jakarta

Pamuji Siti Sulistyani, M.Pd, Inung Setyami, S.S., MA, 2021, Keterampilan berbahasa, Guepedia: Indonesia

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, 2014, Manajemen Paud, PT remaja Rosdakarya, Bandung

Rachmawati Yeni dan KurniatiEuis, 2012, Strategi Pengembangan kreativitas padaAnak, Kencana : Jakarta

RosidaSisi, HidayahNurul, dkk, 2023, Stop Keterlambatan Berbicara Pada Anak, Pt Global Eksekutif Teknologi: Padang Sumatera Utara,

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D, Bandung: Alfabetta

Sujiono, yuliani Nurani, 2011, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, PT Indeks: Jakarta

WahidAbdul, 2018, Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Istiqra’, Vol. 5, No. 2

Webclawler, Dkk, 2014, Media Dan Teknologi Pembelajaran, PranamediaGroup, Jakarta

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Paramita Ritonga, Suryatik, & Ismi Yulizar. (2024). PENGARUH MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI RA BANIL AUTHON. Qalam Lil Athfal, 2(1). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/QLA/article/view/174